Berapa Kekayaan Presiden Rusia Vladimir Putin

Oleh: Robert Frank
Kamis 12 September 2013
Sumber: www.cnbc.com

Presiden Rusia Vladimir Putin pernah bilang, sebagai politisi berbayaran rendah, dirinya bekerja “seperti budak kapal”. Di depan publik dia menyebut dirinya sebagai “pelayan sederhana kalian” dan melaporkan pendapatan resminya tahun lalu sebesar $187.000.

Daftar aset resminya meliputi sebuah apartemen kecil dan tiga mobil murah. Sudah jelas, Putin masih punya banyak. Tapi seberapa banyak?

Spekulasi seputar kekayaan bersih Putin sudah lama menjadi permainan kata terbesar di kalangan orang kaya dan politisi. Dan kini dengan masuknya Putin ke tengah pentas dalam krisis Suriah, kekuasaan dan kekayaannya sekali lagi disoroti.

Kekayaan di Rusia seringkali didapat melalui perusahaan fiktif (shell company[1]), rekening offshore, dan orang boneka. Jadi terlepas dari upaya banyak reporter selama bertahun-tahun, tak ada yang mampu menetapkan angka pasti kekayaan Putin.

Putin dan wakil-wakilnya sudah lama menyangkal rumor tentang kekayaannya, menuduhnya tak berdasar. Tapi orang-orang dalam di perpolitikan Rusia dan lawan-lawan Putin mengklaim kekayaannya boleh jadi miliaran.

Dalam sebuah memo yang diungkap oleh WikiLeaks, mantan Menteri Luar Negeri AS Condoleezza Rice mengutip tokoh oposisi Rusia yang menyebut “Vladimir Putin berusaha mengamankan kekebalannya di masa mendatang dari potensi penyelidikan penegak hukum terhadap dugaan pendapatan gelapnya.”

Dalam wawancara dengan The Guardian, Die Welt, dan media asing lain, analis politik Rusia Stanislav Belkovsky memperkirakan kekayaan Putin lebih dari $40 miliar. Dia menyebut Putin punya saham di tiga perusahaan minyak dan gas, termasuk Surgutneftegas dan Gazprom, melalui perusahaan pelaksana amanat di pusat-pusat keuangan offshore.

Dalam sebuah kawat [diplomatik] yang bocor bertahun 2008, mantan Dubes AS untuk Rusia, John, Beyrle, mengulang rumit bahwa Putin punya pertalian dengan firma dagang Swiss, Gunvor.

Vladimir Putin

“Perusahaan tersebut dirumorkan menjadi salah satu sumber kekayaan tersembunyi Putin,” tulis Beyrle, mengatributkan informasi ini pada para pedagang minyak. Putin dan Gunvor menyangkal pernyataan ini.

Penghasilan tambahan kepresidenan Putin juga besar. Dalam laporan 32 halaman berjudul tajam, “Kehidupan Seorang Budak Kapal”, mantan pemimpin politik dan pengkritik Putin, Boris Nemtsov, merinci armada mobil, pesawat, dan kapal yang dapat digunakan presiden.

Laporan ini menyebut Putin memiliki 20 rumah, 4 kapal pesiar, dan aset-aset kepresidenan lainnya. Disebutkan pula dia mempunyai 58 pesawat, terdiri dari 15 helikopter dan 43 pesawat lain, termasuk satu Airbus, dua jet Dassault Falcon, dan satu pesawat penumpang Ilyushin dengan kabin senilai $18 juta yang diperlengkapi oleh tukang emas.

Laporan ini juga mengungkap bahwa keempat kapal pesiar Putin mencakup satu kapal 176 kaki berfasilitas kolam spa dan air terjun dan satu kapal 5 geladak berfasilitas barbekyu.

Catatan kaki:

  1. Shell company adalah perusahaan yang menjadi kendaraan untuk transaksi bisnis tanpa memiliki aset signifikan atau operasi sendiri—penj.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s