Oleh: Bradley Campbell
Kamis 13 Januari 2015
Sumber: www.pri.org

Ukraina dan Rusia sedang berusaha mengakhiri perang sembilan bulan. Pembicaraan damai tengah berjalan.

Putin pada Pidato Tahun Baru
Presiden Rusia Vladimir Putin memberikan pidato Tahun Baru di Moskow, 31 Desember 2014. (Kredit: Alexei Druzhinin/RIA Novosti/Kremlin/Reuters)

Pemain kunci dalam semua ini adalah orang tertinggi di Rusia, Presiden Vladimir Putin. Dia berkuasa begitu lama sampai-sampai banyak pihak lupa bahwa dulunya dia adalah agen KGB menganggur yang mencari pekerjaan baru di St. Petersburg. Gillian Findlay dari CBC merekam kenaikannya dalam sebuah dokumenter anyar untuk Frontline: “Putin’s Way”.

Berikut adalah lima langkah korup Vladimir Putin yang dicermati dalam film tersebut dan yang membantunya menjadi sosok paling berpengaruh di Rusia.

  1. Makanan yang tak kunjung datang. Di masa jabatannya sebagai Wakil Walikota St. Petersburg, kota ini menghadapi kekurangan pangan. Sebuah program mengizinkan penjualan bahan-bahan mentah dan uang dihasilkan akan dipakai untuk membeli makanan. Putin menjanjikan berton-ton makanan. Sungguh. Dua ribu ton mentega dan susu misalnya. Tapi makanan itu tak kunjung datang. Anggota dewan kota Marina Salye menyelidiki apa yang terjadi. Dia bilang $124 juta raib. Berton-ton makanan tak pernah muncul di rak-rak. Putin menepis tuduhan dan menyalahkan orang lain.
  2. Villa-villa liburan di Spanyol. Putin pernah mendaftarkan sebuah komite hubungan ekonomi bernama Twentieth Trust. Pemerintah memberi perusahaan ini 2,5 miliar rubel untuk proyek konstruksi. Tak ada yang dibangun. Justru, mantan penyelidik kepolisian Andrey Zykov menyebut uang itu mengalir ke villa-villa liburan di Spanyol untuk Putin dan kroninya. Tak ada yang menghukum sang Wakil Walikota Putin.
  3. Menyelamatkan kolega. Putin menjabat Wakil Walikota di bawah Anatoly Sobchak. Pada 1996, Sobchak kalah untuk posisi walikota periode berikutnya. Penyelidikan korupsi diadakan. Tapi pada saat tanya-jawab, Sobchak mengalami serangan jantung. Dia muncul di Paris beberapa pekan kemudian, tampak sehat. Janda Sobchak, Lyudmila Narusova, mengatakan bahwa Putin membantu mengeluarkan suaminya dari negara itu, lari dari tuduhan korupsi. Kesetiaan ini juga diduga menjadi alasan kenapa mantan Presiden Boris Yeltsin memilih Putin sebagai penggantinya. Yeltsin tak mau ada penyelidikan terhadap masa kepresidenannya. Ketika naik berkuasa, Putin memberinya kekebalan.
  4. Rumah pensiun Putin. Putin punya cara rumit untuk menyalurkan uang ke proyek-proyek kesayangan, seperti rumah liburan di luar Sochi. Sergei Kolesnikov, pebisnis di pengasingan, menyatakan uang beralih dari satu organisasi ke organisasi lain dan berakhir di bisnis yang mayoritas sahamnya dimiliki Putin. Ini membantunya membangun rumah impian, flat senilai $250 juta milik sang tsar modern. Putin menyebut flat itu bukan miliknya.
  5. Putin semakin kaya. Berbagai skema penghasilan uang dapat dipakai menurut Putin. Pada 2007 silam, Putin mengendalikan aset senilai $40 miliar. CIA mengkonfirmasi taksiran ini pada 2014. Dia termasuk orang terkaya di dunia. Jadi dua dekade terakhir ini adalah masa yang enak bagi sang mantan agen KGB menganggur.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s