14 Agustus 2016
Sumber: www.newobserveronline.com

Pemerintah Kanada telah menyusun rencana untuk menambah secara drastis jumlah orang China dan Asia lainnya yang datang ke Kanada tahun depan, bahkan melebihi rekor arus masuk 305.000 orang tahun ini.

Parade warga China di Vancouver

Menteri Imigrasi John McCallum dari Partai Liberal Kanada mengumumkan pekan ini bahwa jumlah kantor pengajuan imigrasi di China akan bertambah dua kali lipat tahun depan.

McCallum membuat pengumuman ini sewaktu bertemu pejabat senior China di kementerian Luar Negeri dan kementerian Keamanan Masyarakat di Beijing.

Dia telah meminta persetujuan untuk “segera membuka” pusat-pusat pengajuan visa baru di lima kota sekunder China: Chengdu, Nanjing, Wuhan, Jinan, dan Shenyang.

Jika rencana McCallum lolos, kantor-kantor tersebut akan buka secepatnya tahun depan. Saat ini orang China dapat mengajukan pembuatan visa Kanada di lima lokasi, termasuk Hong Kong.

Pemerintah Kanada menginginkan lima lokasi pengajuan visa lagi “untuk memuluskan jalan orang China datang ke Kanada”, sehingga total 15 tempat, dan meminta hubungan udara tambahan antara kedua negara.

Rencana ini juga mencakup penggenjotan jumlah pelajar China di Kanada, dan pembukaan jalur menuju [pemberian] tempat tinggal permanen untuk mereka. Pelajar China telah menjadi kelompok pengunjung sementara terbesar ke Kanada; 120.000 orang sudah ada di sana.

“Tapi kami ingin lebih besar lagi,” kata McCallum di Beijing hari Selasa.

Pemerintahan Liberal menginginkan “pertumbuhan tertinggi wisatawan yang datang ke Kanada, pelajar asing berkualifikasi yang ingin belajar di Kanada. Jika [jumlahnya] naik dua kali lipat, itu hebat,” katanya. Dia menggambarkan para pejabat China “aktif mendukung” ide ini.

Upaya pemerintah menarik lebih banyak pekerja dan pelajar China muncul di tengah ekonomi Kanada kehilangan lapangan kerja dan kekhawatiran kritikus perihal pengaruh investor asing terhadap kenaikan pesat harga rumah di kota-kota seperti Vancouver dan Toronto. Tingkat pengangguran Kanada naik ke angka 6,9% pada Juli.

Tapi McCallum menyatakan Kanada punya “kebutuhan sah akan pekerja asing sementara” di beberapa kawasan dan industri. Dia mengutip pengolahan ikan, pengemasan daging, dan industri teknologi tinggi sebagai contoh.

Kemudian, pada pekan yang sama, McCallum mampir di ibukota Filipina Manila di mana dia sekali lagi mengumumkan niatnya untuk menggenjot imigrasi non-kulit putih ke Kanada.

Berpidato di hadapan Kamar Dagang dan Industri Kanada di Filipina, McCallum mengatakan, “Jadi kenapa tidak tambah secara drastis jumlah imigran yang datang ke Kanada? Dan itulah, saya kira, saya harap, yang akan kita lakukan.”

Pemerintahan Trudeau sedang berusaha memasukkan 280.000 s/d 305.000 penduduk permanen baru pada 2016—rekor peningkatan dari 260.000 s/d 285.000 pendatang baru yang sedianya disambut oleh pemerintah Konservatif terdahulu menjelang akhir 2015.

McCallum akan membeberkan “rencana imigrasi tiga tahun”-nya musim gugur ini. “Rencana” ini akan mencakup penghapusan syarat yang berlaku saat ini, dikenal sebagai “Labour Market Impact Assessment” (LMIA).

Ini adalah aturan yang mensyaratkan pemilik lapangan kerja untuk membuktikan terlebih dahulu bahwa mereka tak mampu menggaji pekerja Kanada sebelum memberikan posisinya kepada imigran.

“Jadi kami akan mempermudah pelajar mancanegara, kami akan kurangi beberapa rintangan dalam sistem imigrasi kita…kami tidak berpikir setiap imigran harus lulus proses Labour Market Impact Assessment. Kami berpikir itu bisa disederhanakan. Kami berpikir ada beberapa aturan yang tak lagi diperlukan,” kata McCallum.

Saat ini Filipina menjadi negara sumber teratas untuk penduduk permanen di Kanada, berdasarkan data yang diterbitkan oleh Immigration, Refugees, and Citizenship pada 31 Mei.

Kementerian imigrasi juga menyebut waktu proses untuk menyatukan ulang keluarga-keluarga Filipina telah turun “dramatis” jadi 12 bulan, “terpangkas setengahnya dalam setahun saja”.

Pada 2013, dua puluh negara asal imigran teratas ke Kanada adalah:

Republik Rakyat China, India, Filipina, Pakistan, Iran, AS, Inggris dan Koloni, Prancis, Irak, Republik Korea, Aljazair, Nigeria, Mesir, Haiti, Meksiko, Bangladesh, Kolombia, Maroko, dan Ukraina.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s