Oleh: Nick Hallett
30 September 2016
Sumber: www.breitbart.com

Menjelang pertengahan abad ini, bunyi “th” akan lenyap dari bahasa Inggris yang diucapkan di London akibat banyaknya imigran yang tak mampu melafalkannya, demikian kata para ahli bahasa.

Dalam sebuah studi yang memperlihatkan dampak imigrasi terhadap bahasa Inggris, akademisi di Universitas York menyatakan bahwa bahasa Inggris Estuary, dialek yang saat ini dipakai di London dan tenggara Inggris, perlahan-lahan akan digantikan oleh bahasa Inggris yang sangat dipengaruhi migran.

Salah satu yang akan hilang adalah bunyi “th”, yang akan digantikan dengan “f”, “v”, atau “d”, sehingga “mother” mungkin menjadi “muvver” dan “think” akan berevolusi menjadi “fink”.

Telegraph mewartakan bahwa bahasa Inggris London Multikultural, yang dipengaruhi oleh komunitas Asia, Afrika, dan Karibia di ibukota tersebut, juga akan memperlunak beberapa kata; jadi “cute” akan dilafalkan “coot” dan “beauty” menjadi “booty”.

Juga huruf “l” dan “t” akan dibuang dari ujung kata, sehingga “text” akan menjadi “tex” dan nama “Paul” sama dengan “paw”.

Perubahan ini mungkin akan mempengaruhi semua belahan masyarakat sampai ke Keluarga Kerajaan. Pada saat Pangeran George naik takhta, “Bahasa Inggris Raja” akan terdengar sangat berbeda dari Bahasa Inggris Ratu hari ini.

Dr. Dominic Watt, Dosen Senior di Universitas York, berkata: “Berdasarkan status London sebagai kota paling berpengaruh secara linguistik di dunia penutur bahasa Inggris, kita mungkin akan melihat perubahan signifikan antara hari ini dan pertengahan abad. Perubahan utama dalam cara kita berbicara selama 50 tahun ke depan akan berupa penyederhanaan struktur bunyi kata-kata; mungkin mereka akan jadi lebih pendek. Dengan memperhatikan bagaimana bahasa Inggris telah berubah selama 50 tahun terakhir, kita dapat mengidentifikasi pola-pola yang akan berulang. Hari ini logat Britania terasa kurang berlandaskan golongan. Bahasa-bahasa juga berubah ketika mereka saling bersinggungan. Bahasa Inggris meminjam ribuan kata dari bahasa-bahasa lain: utamanya Prancis, Latin, dan Yunani, tapi ada ‘kata pinjaman’ dari lusinan bahasa lain dalam campuran tersebut.”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s