Oleh: John Bull
21 April 2013
Sumber: www.newobserveronline.com

Orang-orang India yang tinggal di Inggris telah diberi lampu hijau untuk mengadakan diskriminasi di antara komunitas mereka sendiri melalui sistem “kasta” setelah upaya pelarangan praktek tersebut ditolak oleh parlemen Inggris.

Upaya untuk melarang diskriminasi kasta merupakan bagian dari amandemen “UU Kesetaraan” 2010 bergaya Orwell, dan ditolak oleh DPR dalam voting 307 banding 243, di mana Jo Swinson yang diberi gelar aneh “Menteri Kesetaraan” berkata kepada parlemen bahwa “legislasi dapat meningkatkan stigma ketimbang meredakan masalah.”

Padahal, tentu saja, penolakan amandemen itu disebabkan oleh keyakinan liberal mendasar bahwa kaum kulit putih “saja” yang bisa bersalah atas “diskriminasi” dan karenanya kelompok lain tak bisa bersalah atas kegiatan ini.

“Ini lebih menjadi isu bagi India ketimbang Inggris. Saya belum menjumpai satupun kasus diskriminasi berlandaskan kasta di Inggris. Kita menentang diskriminasi demikian. Pemerintah perlu mengambil keputusan menurut pemahaman yang tepat atas isu ini dan berdialog dengan semua pihak,” kata Anggota Parlemen non-kulit putih dan aktivis anti-kulit putih kondang Keith Vaz sebagaimana dikutip.

UU Kesetaraan melarang diskriminasi ras, intimidasi, dan korbanisasi di tempat kerja, dan definisi “ras” di dalam UU tersebut mencakup warna, kebangsaan, etnis, atau asal negara tapi tidak secara rinci menyinggung kasta.

“Hindu Alliance” yang mewakili lebih dari sejuta umat Hindu di Inggris, menentang keras UU usulan tersebut, menyatakan itu justru akan “memperkuat sistem kasta”.

Alliance dikutip mengatakan bahwa mereka “khawatir ini akan mencap komunitas Hindu sebagai diskriminatif secara kelembagaan” dan akan mengakibatkan individu yang melamar kerja atau studi harus mengidentifikasi diri berdasarkan kasta demi peluang yang setara.

Inilah yang sedang terjadi di Inggris—tapi hanya merugikan orang-orang kulit putih.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s